Pemodelan Magicc-Scegen : Model Mitigasi dan Adaptasi terhadap Perubahan Iklim Global dalam Sektor Perikanan dan Kelautan

Oleh : Raffy Revanza Alfarez

Pendahuluan 

Kenaikan suhu atmosfer bumi atau lebih akrab dikenal dengan istilah pemanasan global merupakan salah satu isu kesehatan lingkungan yang sampai dengan saat ini masih menjadi perbincangan hangat para ilmuwan dan peneliti seluruh dunia. Pasalnya dalam sebuah penelitian (IPCC, 2018), diprediksi bahwa kenaikan suhu atmosfer bumi bisa bertambah sebesar 10C – 1.50C sampai dengan akhir tahun 2100 nanti.

Kenaikan suhu bumi dengan rata-rata 0.20C per tahun ini menjadi ancaman kesehatan lingkungan yang nyata, pasalnya kenaikan suhu bumi telah mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada, khususnya dalam hal sumber daya air.

Sumber Daya Air

Sebagai sebuah negara kepulauan di mana dua pertiga wilayahnya diselimuti oleh kolom perairan, kejadian pemanasan global sangat mempengaruhi kondisi lingkungan dan ekosistem laut di dalamnya sebagai akibat terganggunya pola musim dan pola cuaca. 

Hal tersebut tidak hanya sekadar ancaman belaka, pada tahun 1997-1998, perairan Indonesia sempat mengalami masa-masa sulit karena efek pemanasan global. Pada tahun tersebut banyak ekosistem-ekosistem terumbu karang yang luluh lantah karena peningkatan suhu laut akibat fenomena El-Nino ekstrim di Samudra Pasifik.

Memahami kondisi pemanasan global yang semakin sulit dikendalikan, langkah mitigasi, antisipasi, serta adaptasi merupakan sesuatu yang bijak yang bisa diterapkan guna mendukung program pembangunan berkelanjutan lingkungan hidup dapat berjalan di negeri ini.

Pemodelan Magicc-Scengen 

Pemodelan Magicc-Scengen merupakan salah satu pemodelan iklim yang lazim digunakan saat ini. Magicc biasanya digunakan dalam proyeksi suhu dan paras permukaan air laut, sedangkan Scengen digunakan dalam membuat skenario perubahan iklim regional dengan ukuran 2.50 x 2.50 garis lintang dan bujur. 

Gambar 1. Hasil Simulasi Suhu Rata-Rata Atmosfer di Indonesia dari Tahun 2000 – 2100 Menggunakan Pemodelan Magicc-Scengen

Gambar di atas merupakan salah satu contoh hasil dari pemodelan perubahan pola suhu atmosfer di wilayah Indonesia, Dalam proyeksi tersebut didapatkan hasil bahwa sampai dengan tahun 2100, kenaikan perubahan suhu atmosfer diperkirakan menembus angka sebesar 2.160

Hasil pemodelan perubahan pola suhu rata-rata atmosfer tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan pola mitigasi dan adaptasi guna menghadapi berbagai kejadian fenomena alam akibat dari perubahan suhu tersebut

Leave a Reply